Selasa, 26 Juli 2011

Service Besar + Upgrade Suzuki Shogun 125 SP.!

Usia motor sudah 4 tahun, memang sudah waktunya ‘jajan’. Karna memang rasanya sudah nggak lagi enak ditunggangi.
Langkah pertama, deteksi komponen apa saja yang harus diganti sekalian siapkan budgetnya.
Dimulai dari shockbreaker belakang yang olinya udah nggak ada alias dah bocor berbulan-bulan lengser ku gantikan dengan shockbreaker YSS type Z ukuran 340mm, harga sekitar 600 ribuan.
Beralih ke bagian mesin, langsung aja belanja piston + ring buat motor Suzuki Smash oversize 50. kenapa pakai piston Smash, karena selain lebih murah juga karena dimensi piston Smash sama persis dengan piston Shogun 110 maupun Shogun 125, tapi ada kelebihan lainnya yaitu Piston Smash lebih menonjol bagian atas/kepalanya dibandingkan piston Shogun 125 yang rata alias teplas. Jadi efek positifnya yaitu Kompresi Naik seperti kita melakukan pemapasan headblock.

Tapi ada sedikit ubahan sebelum memasang piston Smash tersebut, kita perlu sedikit mencoak kepala piston pada bagian coakan klepnya, karena jika tidak kita coak maka piston akan ‘menyundul’ klep, lalu pada bagian pantat piston, perlu kita potong sedikit, kita samakan saja panjangnya dengan piston aslinya Shogun 125, karena jika tidak dipotong maka pantat piston akan menabrak crankcase. untuk urusan coak dan potong piston, serahin aja ke tukang bubut sekalian kita oversize/korter blok.
Jangan lupa untuk menghaluskan lubang masuk dan lubang buang yang ada di headblock ya, lubang masuk itu adalah lubang yang meneruskan aliran bahan bakar dari karburator. Sedangkan lubang buang adalah lubang yang mengalirkan gas buang menuju knalpot.
Tak usah khawatir konsumsi bahan bakar menjadi lebih boros, karena kita hanya menghaluskan lubang-lubang tersebut yang aslinya kasar layaknya kulit jeruk import menjadi licin bak kulit bayi. Justru laju gas masuk dan keluar menjadi lebih lancar, sehingga tanpa memutar gas lebih dalam tenaga lebih cepat tersalurkan, karena proses pembakaran dan pembuangan terjadi lebih cepat.
Beralih ke bagian kopling, kampas kopling ganti dengan kampas kopling untuk Suzuki Satria 120 R (6 Speed), harga perlembar sekitar 40-45 ribu dan cukup beli 4 lembar saja. Untuk pemasangan langsung Plug n Play tanpa ubahan apapun, karena perbedaannya ada pada ketebalannya, jadi kopling lebih responsif dan lebih awet.
Nah yang selanjutnya adalah optional, bagi yang suka Akselerasi lebih untuk bagian per kopling bisa ganti menggunakan Per Kopling Suzuki Satria 150 F, harga perbuah berkisar antara 7500 – 10000 cukup beli 4 buah, namun jika takut terlaku keras dan membuat kabel kopling cepat putus bisa juga pakai cara ganjal, ganjal perkopling menggunakan ring dengan ketebalan sekitar 2 – 3 mm, efeknya lumayan bagus tanpa mengorbankan jari tangan maupun umur kabel kopling.
Happy upgrade ya.
**********************************

Tidak ada komentar:

Posting Komentar